Air Grid M2hp Sebuah Blog Untuk Mengulas Tentang Jaringan

Cara Setting AirGrid M2hp Menjadi Ap-Repeater

Cara Setting AirGrid M2hp Menjadi Ap-Repeater




1.Pembuka

Hallo pembaca. Apa kabar semoga baik baik dan sehat sehat saja. Terimakasih sudah berkujung ke blog sederhana ini. Airgrid m2hp.

2.Sedikit pengertian mengenai ap-repeater dan teman temanya

Apa itu ap-repeater dan teman temanya, apakah anda belum tau ya. Lalu kalau belum tahu fungsi dan pengertianya ap-repeater dan teman temanya mari kita simak bersama sama.

Dalam sebuah alat ubnt yaitu tepatnya airgrid m2hp memiliki 3 wireless mode yaitu, station, acces point, dan ap-repeater. Mari kita kupas satu satu pengertian dan fungsi 3 wireless mode pada airgrid m2hp tadi.

A.Station

Apa itu station bukan setasiun balapan lho ya hehehe. Station adalah penerima signal atau reicever dari acces point.

Fungsi station
Fungsi station adalah menembak signal wifi yang di pancarkan oleh acces point.

B.Acces point

Salah satu blog terkenal menyebutkan. Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.

Fungsi acces point
Ada beberapa fungsi acces pointyang saya ketahui yaitu.

1. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server

C.Ap-Repeater

Nah ini yang sedang anda cari cari di dalam blog ini langsung saja simak. Ap-repeater dalam radio airgrid m2 hp adalah sebuah fitur yang berfungsi menembak acces point dan menyebarkanya kembali.

Baik setelah bosa-basi sana sini mari kita langsung saja setting air-grid m2 hp sebagai ap-repeater.

3.Cara setting airgrid m2hp sebagai ap-repeater

  • Atur ip laptop.
Conect air grid m2hp ke laptop mengunakan kabel khusus untuk jaringan. Sebelum kita masuk web loging air grid mari kita setting dulu ip laptop,caranya masuk ke  Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center klik connections lalu pilih properties lalu pilih internet protocol versions 4 setelah itu setting seperti gambar di bawah.


  • Masuk ke web ubnt


Setelah anda seting ip laptop, silahkan anda buka google crome,mozila atau aplikasi browser yang lainya. Setelah terbuka ketik 192.168.1.20 lalu tekan enter. Setelah itu akan ada tampilan web ubnt seperti di atas. Setelah itu silahkan anda isi kolom kolom tersebut
Username : ubnt
Password  : ubnt
Country    : Indonesia
Language : English
Setelah  kolom di atas terisi dengan benar jangan lupa centang i agree to these terms of use, setelah itu klik loging.

  • Masuk menu main


Setelah anda loging anda akan menuju ke tampilan main, lihat gambar di atas. Dalam menu main informasi mengenai radio ada.

  • Setting ip adress
Mari kita setting ip adress. Tetapi harus ada syaratnya lho hadeh udah kayak lamaran aja mau tau syaratnya, anda harus mengetahu ip adress yang sedang di pancarkan atau ip adress acces point dan yang kedua ip adress tidak boleh sama dengan access point utaman. Sebab nanti akan bertabrakan.


  • Mengatur tab wireless
Sebelum mengatur jadi ap-repeater anda harus mengetahui mac adress acees point. Caranya klik tolols lalu pilih site suvey nanti akan ada ap mac acces point lalu copy lihat gambar di bawah.


Setelah mengetahui mac adress acces point lalu rubah wireless mode ke ap-repeater. Kalau sudah pada kolom wds peers ke satu silahkan pastekan mac adress access point tadi.Lihat gambar di bawah
Atur kolom ssid isikan sesuka anda
Country code pilih indonesia
IEEE 802.11 Mode atur b/g/h mixed
Chanel widht atur jadi 20 mhz
Frequenzy, Mhz atur jadi auto
Extension chanel jadi none
Frequenzy list mhz disable saja
Calculate eirp limit enable
Antena isikan feed only (1x2) -3 dbi
Output power jadikan 17 dbm
Date rate modul \e isikan default
Max tx/rate,mbps isikan mcs 7- 65/72.2
Security isikan sesuka hati anda
Lalu setelah selesai klik change lalu aply.


  • Tahap terakhir adalah rebot system

Masuk ke tab system lalu cari ada tulisan rebot, setellah ketmu langsung saja klik tombol tersebut.

4.Penutup

Sekian artikel kali ini tentang cara setting airgrid m2hp menjadi ap-repeater. Teerimakasih sudah berkunjung.


0 Komentar untuk "Cara Setting AirGrid M2hp Menjadi Ap-Repeater"

Terimakasih Sudah Berkunjung Ke Blohg Sederhana Ini.Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Back To Top