Air Grid M2hp Sebuah Blog Untuk Mengulas Tentang Jaringan

Setting AirGrid M2 HP Sebagai Mode access point

Setting AirGrid M2 HP Sebagai Mode access point




A.Pembuka


Hallo semua apa kabar, semoga baik baik saja ya. Kali ini saya akan sedikit sharing dan berbagi cara setting airgrid m2hp sebagai mode acces point.

B.Pengertian dan fungsi acces point

Sebelum kita mulai setting air grid m2hp sebagai acces point apakah anda tahu apa itu acces point dan apa fungsinya, ngak ada salahnya kan kalau saya akan memberi sedikit pengertian mengenai acces point. Salah satu blog terkenal menyebut access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Kalau dari segi fungsi, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network). Akan tetapi masih banyak lagi fungsi acces point diantaranya adalah :
1. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server

C.Cara setting acces point

Nah setelah mengetahui apa itu acces point dan fungsinya berarti anda siap untuk setting air grid m2hp sebagai acces point.
  • Setting ip laptop anda

Conect air grid m2hp ke laptop mengunakan kabel khusus untuk jaringan. Sebelum kita masuk web loging air grid mari kita setting dulu ip laptop,caranya masuk ke  Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center klik connections lalu pilih properties lalu pilih internet protocol versions 4 setelah itu setting seperti gambar di bawah.


  • Masuk ke web ubnt


Setelah anda seting ip laptop, silahkan anda buka google crome,mozila atau aplikasi browser yang lainya. Setelah terbuka ketik 192.168.1.20 lalu tekan enter. Setelah itu akan ada tampilan web ubnt seperti di atas. Setelah itu silahkan anda isi kolom kolom tersebut
Username : ubnt
Password  : ubnt
Country    : Indonesia
Language : English
Setelah  kolom di atas terisi dengan benar jangan lupa centang i agree to these terms of use, setelah itu klik loging.

  • Masuk menu main


Setelah anda loging anda akan menuju ke tampilan main, lihat gambar di atas.

  • Masuk Menu System

Setelah anda masuk ke menu system tampilan akan seperti gambar di atas. Lalu setting dan isikan kolom kolom,

Device name isikan sesuka anda
interface lenguage isikan english
administrator user name isikan ubnt
centang reset buton

Setelah itu klik cahnge dan aply.

  • Masuk menu network

Atur menu network seperti di bawah


1.Network Mode isikan bridge
2.Disable Network isikan none
3.Configuration Mode isikan simple
4.WAN Interface isikan wlan0
5.Management IP Address centang statis
6.Ip address isikan 192.168.1.30
7.Netmask isikan 255.255.255.0
8.Gateway ip isikan 192.168.1.1
9.Primary dsn ip kosongi saja
10.secondary dns ip kosongi saja
11.Encryption disable saja atau jangan di centang
12.Nat enable atau centang
13.Nat protocol centang semua
14.Block management access disable saja atau jangan dicentang
15.Dmz disable saja atau jangan di cetang
16.LAN Interface lan0
17.IP Address isikan 192.168.1.1
18.Netmask isikan 255.255.255.0
19.Mtu isikan 1500
20.Dhcp server centang enable lalu
21.Range start isikan 192.168.1.1
22.Range end isikan 192.168.1.254
23.Netmask isikan 255.255.255.0
24.Lease time isikan 600
25.Dns proxy enable atau centang
26.Upnp disable saja atau jangan di centang

  • Atur ip laptop

Atur ip laptop seperti yang anda edit tadi.

  • Masuk ke web ubnt air grid m2 hp
`
Berhubung ip anda sudah ubah jadi 192.168.1.30 maka ketik 192.168.1.30 ke browser lalu tekan enter masukkan user dan passwordnya lalu tekan loging.

  • Masuk menu wireless

Seting tab wireless seperti di bawah.

1.Klik tab wireless
2.Wireless mode jadikan acces point
3.Wds di centang boleh ngak boleh
4.Ssid isikan ssid yang ingin anda buat
5.Country code isikan Indonesia
6.IEEE 802.11 Mode isikan b/g/n mixed
7.Chanel width isikan 20 mhz
8.Frequency pilih 2442 mhz
9.Extension chanel pilih auto saja
10.Frequency Scan List, MHz centang dan buat jadi 2442 mhz
11.Calculate EIRP Limit enable atau centang
12.Antenna isikaan feed only (1x1) -3 dbi
13.Output Power isikan 17 dbm
14.Data Rate Module isikan default
15.Max TX Rate, Mbps isikan mcs 7-65/72.2
16.Security bisa di isi wpa-aes
17.WPA Authentication pilih psk
18.WPA Preshared Key isikan sesuai keinginan anda
19.Mac acl disable saja
Setelah semuanya teratur sesuai di atas klik chaange dan aply...

D.Selesai

Selamat anad baru saja berhasil setting airgrid m2hp sebaagai acces point. Sekian artikel kali ini. Terimakasih sudaah berkunjung.
0 Komentar untuk "Setting AirGrid M2 HP Sebagai Mode access point"

Terimakasih Sudah Berkunjung Ke Blohg Sederhana Ini.Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Back To Top